Minggu, 01 Mei 2011

Budidaya Semut Rangrang

Sampai saat ini masyarakat mendapatkan kroto dari hasil mencarinya di pohon-pohon dan menjualnya, kroto adalah telur dari semur rangrang, Semut rangrang memang tergolong semut api (fire ants) dengan genus Oecophylla, famili Formicidae dan ordo Hymenoptera. Tapi jangan salah, semut ini ternyata memiliki kelebihan tersendiri. Selain sebagai penghasil kroto, bagi para petani semut rangrang cukup berguna sebagai pembasmi dan pengendali hama tanaman. Semut rangrang dapat membunuh hama tanaman yang menyebabkan tanaman para petani itu tidak tumbuh dengan baik.

Saat ini supply kroto ke pedagang pakan burung sangat di pengaruhi oleh kondisi cuaca , kita tahu bahwa kalo hanya mengandalkan tangkapan alam akan sangat sulit untuk mendapatkan hasil yang kontinyu.
Mungkinkah ada cara untuk membudidayakan semut rangrang ini? karena kita tahu kebutuhan kroto dimasyarakat sangatlah tinggi, sehingga kalau kita bisa memanfaatkan peluang ini, insyaAlloh kita akan mendapatkan hasil yang lumayan.
Yang jelas semut ini menyukai udara yang bersih, dan tidak suka dengan polusi (udara pedesaan yang cocok) dan pohon yang bagus sebagai sarang adalah pohon yang memiliki daun yang lebar.

Manfaat kroto:
  • Sebagai pengendali hama tanaman tertentu, sehingga anda tidak perlu membeli insektisida untuk membasmi kutu daun.
  • Digunakan sebagian para pemancing dan nelayan sebagai umpan ikan
  • Sebagai makanan tambahan untuk meningkatkan ketrampilan burung berkicau
  • Membantu penyerbukan jenis tanaman tertentu
  • Dapat membantu menjaga kebun

1 komentar:

  1. masukan dikit gan...budidaya semut rang rang,kroto secara intensif
    http://cibuluh.blogspot.com/2011/05/pengalamanku-budidaya-semut-rang-rang.html

    BalasHapus

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008